The most relaxing baroque music

The most relaxing baroque music

Benarkah music dapat membantu mempertajam pemahaman dan daya ingat terhadap materi pembelajaran, terutama pada saat diputar? pertanyaan ini layak diungkapkan sebagai sebuah tanya saat kita mendengar bahwa musik bisa membantu pemahaman seseorang saat belajar. Maksudnya adalah pada saat melakukan belajar diiringi dengan musik. Ah yang bener?

“Untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan efektif, Anda harus melihatnya, mendengarnya dan merasakannya” Tonny Stockwell-Accelerated Learning

Baroque music isĀ  a style of Western art music composed from approximately 1600 to 1750. This era follows the Renaissance, and was followed in turn by the classical area. The word baroque comes from the portuguese word “barroco” meaning misshapen pearl. a negative description of the ornate and heavily ornamented music of this period. Later, the name came to apply also to the architecture of the same period. source : en.wikipedia.org

Saat proses belajar atau pada saat mengulang atau mereview, putar musik klasik dengan suara rendah/kecil. Detak jantung orang dalam kondisi ini adalah 60-80 kali per menit, dan kebanyakan musik barok mempunyai kesesuaian dengan detak jantung manusia yang santai dalam kondisi belajar optimal (Schuster and Gritton, 1986). dan ternyata alat musik tiup dan biola mempunyai nada lebih ringan, yang menambahkan keringanan dan perhatian pada suasana hati.

fromalbertabaroque
foto: albertabaroque

Gunakan musik barok Bach, Corelli, Tartini, Vivaldi, Handel, Pachebel dan Mozart, dan klasik Satie Rachmaninoff untuk merangsang dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal. “Mendengar musik Mozart bisa merangsangjalur saraf yang penting untuk kognisi” (Dr Frances H Rauster: Brown 1993), Memainkan musik mozart akan mengkoordinasikan napas, irama jantung, dan irama gelombang otak. Musik mempengaruhi pikiran bawah sadar, merangsang reseptif dan persepsi.(Rose, 1987).

Nah, benarkah musik bisa membantu dalam proses pemahaman proses belajar? Berarti perlu kita coba untuk belajar sambil mendengar musi barok. Anda siap belajarĀ  dan jadi Manusia pembelajar yang hebat?. Ayo kita belajar.