keep smile

Be Proactive

Menjadi manusia proaktif berarti Anda secara sadar mengambil tanggung jawab atas kehidupan Anda sendiri. Kehidupan yang semakin cepat berubah adalah tantangan yang harus disikapi dengan proaktif. Dalam setiap situasi, Anda akan mempertimbangkan kondisi yang dihadapi kemudian mengambil keputusan. Pertimbangan segala resiko dan dampak yang akan terjadi dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menagambil sebuah keputusan.

Orang yang proaktif akan menjalankan setiap keputusan yang dia ambil dan berusaha menjalankannya sebaik mungkin. Ketika bekerja dia akan fokus pada pekerjaannya dan sebaliknya jika dia memilih bersantai dia akan menikmati masa santainya. Menempatkan diri pada situasi dan kondisi sebaik mungkin adalah langkah tepat yang harus diambil oleh pribadi proaktif.

Orang proaktif tidak akan menyalahkan keadaan. Bukan mencari kambing hitam dan mengkambing hitamkan. Sebab tidak selamanya situasai dan kondisi selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika kondisi yang dihadapi tidak nyaman, orang proaktif akan mencari cara untuk mengubahnya. Mencari solusi kreatif untuk keluar dari segala keadaan yang kurang nyaman adalah langkah harus yang harus diambil. Dan tentunya selalu berusaha untuk mengukir prestasi dengan karya gemilang.

Orang proaktif memusatkan perhatian pada apa yang bisa diperbaiki. Mereka tidak menyalahkan masa lalu. Melainkan mereka menjalani apa yang ada di tangan mereka saat ini dan bagaimana melakukannya sebaik mungkin. Memandang kedepan sebagai nahkoda visi adalah arah yang selalu dipegang agar tidak terseret arus dan tersesat dalam lingkaran masalah.