smantaru

Ramadhan Camp | Play Learn and Worship

Pondok Romadhon 2013 bareng SMAN 1 Waru mengambil tema Play, Learn and Worship. Tema ini dipilih karena pondok romadhon kali ini merupakan kolaborasi Masa Orientasi sekolah yang bertepatan dengan bulan ramadhan. Diikuti 360 Siswa siswi, 14 panitia OSIS MPK dan 25 Guru Pendamping mulai dari kepala Sekolah, Waka Kesiswaan dan juga guru lainnya. Ramdhan Camp ini bertempat di based camp Sina Sinu Indonesia Malang, yaitu di Pondok Pesantren Modern Darussalam Lawang.

Ramadhan Camp 2013 ini, dibuka langsung Oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Waru Sidorjo pada hari Kamis, 18 Juli 2013. Dalam sambutannya bapak Kepala Sekolah berpesan kepada peserta untuk mengikuti seluruh rankaian kegiatan dengan semangat. Kepala Sekolah juga menitipkan seluruh peserta latih kepada Sina Sinu Indonesia untuk diberikan pembelajaran yang terbaik yang pada akhirnya ada perubahan sikap yang positif saat mereka kembali ke Sekolah dan keluarganya. di akhir sambutan beliau berpesan agar saat pulang peserta bisa mengambil hikmah kegiatan dan bisa bergembira.

Tidak hanya bermain dan bergembira, dalam 3 hari 2 malam kegiatan ini, peserta mendapat tantangan pembelajaran sikap mental yang betul betul berguna untuk pembentukan karakter saat pencarian jati diri. Bertempat di lokasi yang sederhana dan apa adanya, Peserta belajar bagaimana bisa bertahan hidup dengan keluar dari zona nyaman yang serba ada di lingkungan keluarga. Hawa dingin yang menyelimuti kota malang beberapa hari terakhir adalah salah satu tantangan terbesar bagi peserta. Namun dinginnya udara tidak menyebabkan langkah para peserta terhenti untuk tetap mengikuti seluruh kegiatan.

say buss

play learn and worship

Tidur bersama teman teman yang baru saja dikenal dalam ruang yang terbatas tentu melatih sikap mental berbagi. Beradaptasi dengan perubahan dan menyikapinya adalah pembelajaran singkat yang harus peserta lakukan untuk bisa bertahan dalam 3 hari 2 malam. Pada awal kegiatan peserta seakan berada dalam kejenuhan. Jadwal kegiatan yang padat dan serba diatur dalam kedisiplinan menyebabkan beberapa peserta memaksakan diri untuk tetap bertahan. Namun setelah hari pertama terlewati suasana peserta berubah menjadi semangat dan antusias. Semakin akrab dengan teman dan fasilitator yang ramah dalam memfasilitasi kegiatan menjadikan peserta mulai terlibat aktif dalam setiap kegiatan.

Saat peserta muslim mengikuti kegiatan keagamaan sholat lima waktu berjamaah, sholat tarowih, dan tadarus Al Qur’an, beberapa peserta yang non muslim dan peserta putri yang berhalangan mendapatkan materi pengembangan diri dalam bentuk game dan materi kelas. Meskipun berbeda namun suasana kebersamaan dalam ramadhan camp 2013 bisa berjalan dengan baik dengan saling toleransi dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya.

Tantangan terbesar yang sebagian besar peserta hadapi adalah saat berlatih menahan diri dalam berpuasa. Setelah satu hari berpuasa, peserta diajak untuk berlatih menahan diri dan bersabar saat antri untuk berbuka puasa. Meskipun sudah mendapatkan ta’jil untuk membatalkan puasa, namun untuk berbuka pun harus sabar dan antri dengan peserta lain. Tidak hanya itu, sebagian peserta yang terbiasa dengan berbuka yang penuh dengan pilihan hidangan makanan, ramadhan kali ini harus mau berbuka dengan makanan yang sudah ditentukan oleh panitia.

Play. learn and worship adalah rangkaian kegiatan untuk mendapatkan pembelajaran hikmah: Kesederhanaan, kebersamaan, sabar, konsentrasi dan tentunya bergembira dan berprestasi. Salam Sinaser dan sukses selalu untuk adik adik kelas X SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Semoga 3 hari 2 malam bersama kami bisa menjadikan bekal Sikap mental yang TANGGUH untuk menjadi siswa yang berprestasi. Do’a kami selalu mengikuti dalam perjalanan adik adik semua. amin.