outbound training

Leadership Camp SMAN 1 Surabaya

Leadership Camp SMAN 1 Surabaya bersama outbound malang Sina SInu Indonesia dilaksanakan pada tanggal 13-14 Desember 2013 bertempat di Agrowisata Bakti alam Pasuruan. Program leadership camp kali ini adalah kelanjutan dari kegiatan LDKS yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Pendalaman dan pemantapan materi  kepemimpinan dan public speaking menjadi bagian yang diutamakan dalam kegiatan ini.

Selain pemantapan materi Kepemimpinan, public speaking dan teamwork, peserta juga mengalami materi tantangan sebagai bagian dari pengembangan diri untuk menjadi pemimpin yang trampil dan tangguh. Diikuti pengurus OSIS dan MPK para peserta dibagi menjadi empat kelompok. Diharapkan pada akhir acara bisa menjadi tim yang handal untuk menyelesaikan beberapa tugas dan tantangan. berikut beberapa ceita saat beberapa tim melakukan beberapa tantangan:

Tim Jokowi dan Boediono
Pada putaran pertama ini adalah tim Jokowi dan Boediono, tim pertama ini saya kondisikan berbaris satu shaft untuk menghadap ke saya lalu berhadapan dengan tim yang lain  dan bersiap untuk menerima penjelasan tentang aturan main dalam tantangan ini, sebelum saya  menjelaskan aturan main, terlebih dulu saya meneriakkan yel-yel mereka yang bertujuan untuk menggairahkan semangat masing-masing tim untuk melakukan tantangan. Selanjutnya saya jelaskan aturan main tentang tantangan flying fox, dalam penjelasan kali ini yang lebih banyak saya tekankan adalah hati-hati ketika naik tangga karena jarak anak tangga yang terlalu jauh, maka agak sulit pula bagi peserta perempuan.

Setelah saya memberi penjelasan dan arahan saya membuka sesi pertanyaan dan ternyata semua telah paham dan cukup jelas tentang hal ini,  selanjutnya saya mengambil contoh alat pengaman dan langsung mempraktekkan bagaimana cara memakainya, lalu peserta saya instruksikan untuk mengambil alat pengaman yang telah kami sediakan dan segera memakainya, setelah memakai alat pengaman ketua tim memimpin kegiatan ini dengan do’a terlebih dahulu. Setelah berdo’a para peserta berbaris disamping tangga dan meluncur secara bergantian sampai semuanya mencoba tantangan flying fox.

Hasil Tim Jokowi :
Para peserta banyak yang berhasil menaklukkan rasa takutnya ketika berproses
Peserta kembali dengan keadaan selamat tanpa terjadi accident
Peserta puas melakukan tantangan ini
Peserta banyak yang minta lagi

Hasil Tim Boediono :
Para peserta dapat menaklukkan rasa takutnya ketika berproses
Peserta kembali dengan keadaan selamat tanpa terjadi accident
Peserta puas melakukan tantangan ini
Peserta protes karena hanya sekali saja flying foxnya (padahal awalnya mereka banyak yang takut)

Putaran  ke – 2   Tim Habibi dan Soekarwo
Tim Habibi dan Soekarwo
Pada putaran kedua ini adalah tim Habibi dan Soekarwo, putaran kedua kali  ini saya saya persilahkan kepada mas rendy untuk mengkondisikan peserta sekaligus untuk memberi penjelasan dalam tantangan flying fox ini, dan pesertapun bersiap untuk menerima penjelasan tentang aturan main dalam tantangan ini, Selanjutnya mas rendy menjelaskan aturan main tentang tantangan flying fox,

Setelah beliau memberi penjelasan dan arahan lalu mas rendy mengambil contoh alat pengaman dan langsung mempraktekkan bagaimana cara memakainya, lalu peserta saya instruksikan untuk mengambil alat pengaman yang telah kami sediakan dan segera memakainya, setelah memakai alat pengaman ketua tim memimpin kegiatan ini dengan do’a terlebih dahulu. Setelah berdo’a para peserta berbaris disamping tangga dan meluncur secara bergantian sampai semuanya mencoba tantangan flying fox.

Hasil Tim Habibi :
Para peserta banyak yang takut menyelesaikan tantangan ini, akan tetapi mau tidak mau mereka harus menlakukan tantangan ini
Peserta kembali dengan keadaan selamat tanpa terjadi accident
Peserta puas melakukan tantangan ini
Peserta banyak yang minta lagi
Hasil Tim Soekarwo :
Para peserta banyak yang percaya diri melakukan tantangan flying fox, hal ini dibuktikan bahwa banyak peserta yang berani melepas pegangan tali.
Peserta kembali dengan keadaan selamat tanpa terjadi accident
Peserta senang sekali melakukan tantangan in