training game

Speed Action Game

Kompetisi antar tim dalam kegiatan training sering memberi dampak semangat untuk berprestasi. Berlomba menjadi yang terbaik untuk membuktikan tim yang unggul menjadi tujuan utama tim dalam setiap materi tantangan tim. Speed action game adalah materi tantangan kompetisi yang sering kami berikan dalam setiap program pelatihan teambuilding.

Materi tantangan

Dalam tantangan ini setiap tim mendapatkan 5 spon (scotch brite). Tim berlomba mengisi botol yang mempunyai mulut kecil dengan air dari perasan air yang berada dalam spon. Spon harus dicelupkan dalam bak air kemudian di estafetkan ke masing masing anggota tim. Sebagai pemenang adalah tim yang berhasil terlebih dahulu memasukkan air terbanyak dalam botol.

Tujuan

Meningkatkan semangat berprestasi dengan taktik dan strategi dalam tim dengan mengelola sumberdaya yang terbatas dan waktu yang singkat.

Cara Kompetisi

Pelatih menyediakan beberapa beberapa gentong bak penampung air sebagai sumber sumber utama air. Setelah itu masing masing tim berbaris dan mendapatkan perlengkapan spon masing masing 5 tiap timnya. Botol yang mulutnya kecil disiapkan sesuai dengan jumlah tim yang berkompetisi. Kegunaan botol adalah untuk menampung air yang diambil masing masing tim dengan cara estafet. Setelah semua siap dan waktu dinyatakan muali, masing masing tim bermain sesuai dengan taktik dan strategi bagaimana mengambil air dengan spon dan mengestafetkan dari start ke botol yang disediakan.

Tantangan ini waktunya hanya 5 menit. Saat waktu 5 menit permainan selesai, biasanya pelatih meniup peluit sebagai tanda berakhirnya tantangan. Tanda peluit selesai maka seluruh aktivitas harus dihentikan. Dan jika ada tim yang masih melakukan aktivitas terutama memeras spon di botol tentu akan mendapatkan pengurangan point. Setelah itu para pelatih mengukur ketinggian air yang ada di dalam botol.

Sebagai catatan tambahan, saat waktu 5 menit yang disediakan ternnyata ada tim yang sudah selesai memenuhi botol, maka air dalam botol pertama yang sudah penuh airnya dibuang dan mulai diisi lagi sampai batas waktu 5 menit habis. Nah setelah menghitung dan mengukur tentu akan ditemukan siapa yang terbanyak mengumpulkan air dan pemenangnya.

Pembahasan

Dalam rutinitas pekerjaan sehari hari, karyawan sering menghadapi keterbatasan sumber daya untuk melakukan pekerjaan, tetapi waktu yang tersedia juga terbatas. Kecepatan reaksi dalam menangani masalah dan kerjasama tim yang handal tentu menjadi kebutuhan perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak saling menyalahkan dan bekerja sesuai dengan tugas dan tanggunjawab dalam satu kesatuan yang tak terpisahkan tentu menjadi solusi tim yang berprestasi.

Membentu tim yang hebat memerlukan visi yang jelas. Tujuan yang jelas dan dipahami oleh anggota timtentu akan mempermudah pencapaian tujuan. Semoga materi tantangan speed action ini bisa menjadi pembelajaran yang positif dalam kegiatan training yang difasiliasi dengan baik dan profesional.