Outbound di Pacet bareng PGMI IAIN Surabaya

Outbound di Pacet bareng PGMI IAIN Surabaya

Outbound Pacet bareng Fakultas PGMI IAIN Sunan Ampel Surabaya telah terlaksana dengan sukses. Outdoor learning dengan tema Character Building ini diikuti sebanyak 112 Peserta yang didominasi perempuan. Bertempat di vila cma yang berada di kawasan wisata air panas Pacet Mojokerto.

Setelah melakukan perjalanan selama 2.5 jam dari Surabaya dengan meniki bis yang telah panitia siapkan, akhirnya Peserta sampai di parkir kawasan Villa. Meskipun diwarnai dengan kejadian yang “fenomenal” , peserta sampai di lokasi dengan rasa plong dan syukur. Kejadian tertinggalnya Panitia dalam proses pemberangkatan akhirnya selesai dengan penambahan transportasi panitia menuju Pacet. Pembelajaran disiplin yang mengakibatkan pembengkakan biaya seharusnya tidak terjadi seandaianya ada koordinasi dan persiapan yang matang. šŸ™‚

Memasuki kawasan Villa untuk mengikuti Outbound Pacet bareng Sina Sinu Indonesia, peserta disambut oleh Fasilitator dengan ramah. Meskipun sudah kami sambut dengan ramah :), peserta yang jalan 300m dari parkir ternyata merupakan olahraga awal yang terasa menantang. Lebih menantang lagi saat keramahan fasilitator di tunjukkan dengan cara tyng berbeda. Para peserta diminta untuk berbaris di lapangan yang hijau di tengah terik matahari kawasan Pacet. Istirahat mengambil napas setelah jalan yang hanya beberapa menit dilanjutkan baris berbaris ternyata memberikan shock awal mengawali cerita sebagian besar peserta.

Sambutan Bu Dyah dan mas Anggah yang hangat nan berbeda ternyata memberi kesan yang luar biasa bagi peserta. Beberapa peserta merasakan, Memori ospek terngiang kembali saat harus menerima aba aba” hadap kanan – hadap kiri”. Untung mas Angga orang yang baik hati dan susah memerankan tokoh Antagonis, sehingga kadang harus menahan senyum yang membuat hidungnya kembang kempis diterpa angin segar daerah pacet.

Proses Outdoor Learning Character building tidak hanya berhenti sampai baris berbaris saja. PBB hanya kami pakai sebagai tahapan awal untuk mengetahui dan menyamakan rasa dalam proses awal memasuki Outbound Pacet yang dingin. Proses kami lanjutkan dengan Sholat berjamaah di Aula dan dilanjutkan acara makan bersama dengan kebersamaan ala Sina Sinu Indonesia. Untuk mendapatkan kenikmatan ternyata harus bersabar dalam proses menikmatinya. Makan bersama dalam kebersamaan dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan.

Ternyata cerita Outbound Pacet ini bisa panjang, padahal baru sampai pada proses makan bersama sebelum pembukaan. OK Sinaser kali ini cerita training camp ini cukup sudah dan dalam episode selanjutnya akan kami lanjutkan dengan beberapa kesan dan yang dirasakan beberapa peserta saat bekajar bareng dengan kami Sina Sinu Indonesia di kawasan Outbound Pacet.